9 Macam Inovasi Produk Bisnis Kelapa Tua yang Menguntungkan

gambar kelapa tua asterra

Sudahkah Anda mencoba bisnis kelapa tua?

Kelapa tua memiliki daging yang tebal dengan warna putih yang pekat sehingga menjadi bahan dasar santan.Tidak heran jika buah satu ini menjadi komponen utama dalam berbagai masakan.

Pada saat pembuatan santan, seringkali tempurung, sabut, dan air kelapa dibuang begitu saja. Hal ini disebabkan karena tidak banyak orang tahu bahwa terdapat banyak manfaat kelapa tua.

Setiap bagian dari kelapa tua memiliki manfaat yang berbeda-beda yang sebenarnya dapat dijadikan peluang bisnis berkelanjutan. Coba bayangkan, Anda dapat membuat berbagai olahan dari sabut, tempurung, daging, dan air pada satu kelapa. Jadi, satu kelapa dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tentu saja tidak mudah memulai bisnis kelapa tua. Anda harus mempersiapkan bahan, alat, serta niat dengan matang. Bisnis kelapa tidak hanya memerlukan modal, tetapi kekonsistenan dan ketekunan adalah kunci utamanya.

Macam-macam Bisnis Kelapa Tua 

Kelapa tua memiliki banyak kegunaan dan dapat menjadi bahan dasar berbagai jenis bisnis. Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa dikembangkan dari kelapa tua:

Minyak Kelapa

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah Minyak kelapa dapat diproduksi dari daging kelapa tua yang diekstraksi. VCO memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, serta digunakan dalam memasak.

Kopra

Daging kelapa yang dikeringkan dan digunakan untuk membuat minyak kelapa disebut dengan Kopra. Kopra merupakan bahan baku utama dalam industri minyak kelapa.

Kelapa Parut Kering

Kelapa parut kering atau desiccated coconut adalah kelapa parut yang telah dikeringkan dan digunakan dalam berbagai produk makanan seperti kue, roti, dan lain-lain. Bisnis ini memerlukan alat yang membantu proses pemarutan dan pengeringan agar hemat waktu dan tenaga.

Arang Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa dapat diolah menjadi arang yang memiliki nilai jual tinggi, terutama sebagai bahan bakar alternatif dan dalam produksi karbon aktif. Sebutan lain arang dari tempurung kelapa adalah briket tempurung kelapa. Bisnis ini terbilang baru dan perlu promosi yang gencar agar orang-orang mengetahui prospek briket tempurung kelapa.

Karbon Aktif

Karbon aktif yang terbuat dari tempurung kelapa digunakan dalam berbagai industri, seperti penyaringan air dan udara, serta dalam produk kesehatan.

Kerajinan Tangan

Tempurung kelapa dapat diubah menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti mangkuk, sendok, dekorasi rumah, dan aksesoris. Tidak seperti bentuk bisnis lainnya, aneka kerajinan tempurung kelapa lebih membutuhkan perlengkapan sederhana, seperti amplas, pernis, dan komponen pernak-pernik.

Sabut Kelapa

Sabut kelapa dapat diolah menjadi berbagai produk seperti matras, tali, dan geotekstil untuk keperluan pertanian dan konstruksi. Bisnis sabut kelapa sudah banyak digunakan karena memiliki banyak produksi turunan.

Dalam pengumpulan sabut kelapa, diperlukan mesin pemintal agar sabut kelapa dapat tersusun dengan rapi sehingga siap digunakan. 

Nata de Coco

Nata de coco adalah produk makanan yang terbuat dari air kelapa yang difermentasi, sering digunakan dalam minuman dan dessert. 

Serbuk Sabut Kelapa

Serbuk sabut kelapa atau cocopeat digunakan sebagai media tanam dalam pertanian dan berkebun. Cocopeat digunakan sebagai pengganti tanah karena memiliki kemampuan menyerap air yang baik. 

Gula Kelapa

Pernahkah Anda mendenga gula kelapa?

Gula kelapa dibuat dari nira atau getah bunga kelapa yang dipanaskan dan dikristalisasi. Gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu.

Asap Cair

Asap cair dihasilkan dari pembakaran tempurung kelapa dan digunakan sebagai bahan pengawet alami serta untuk memberikan rasa asap pada makanan. Bisnis asap cair batok kelapa ini memiliki prospek yang baik karena permintaan pasar yang terus ada dan nilai ekonomis yang tinggi.

Perkiraan Modal Usaha Kelapa Tua

Modal usaha berikut adalah modal yang dikeluarkan apabila Anda ingin membuka berbagai bisnis dari bahan dasar kelapa tua. Perhitungan berikut hanya perkiraan disesuaikan dengan rata-rata harga saat ini, baik dari kelapa tua, mesin, dan peralatan penunjang. 

Biaya Pembelian Kelapa Tua

  • Pembelian kelapa tua (500 buah) @ Rp 5.000: Rp 2.500.000

Mesin dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Alat kerajinan tangan: Rp 2.000.000
  • Peralatan fermentasi nata de coco: Rp 3.000.000
  • Mesin pemarut kelapa: Rp 5.000.000
  • Mesin pemeras santan: Rp 8.000.000
  • Mesin pengering kelapa: Rp 10.000.000
  • Mesin pembuat minyak kelapa (VCO): Rp 15.000.000
  • Mesin pembuat arang tempurung: Rp 5.000.000

Bahan Penunjang dan Operasional

  • Kemasan dan label: Rp 2.000.000
  • Biaya listrik dan air: Rp 1.000.000 per bulan
  • Transportasi dan distribusi: Rp 1.500.000 per bulan
  • Biaya tenaga kerja (2 orang) @ Rp 2.000.000 per bulan: Rp 4.000.000 per bulan

Tempat dan Fasilitas

  • Sewa tempat produksi: Rp 5.000.000 per bulan
  • Biaya renovasi dan penyiapan tempat: Rp 10.000.000

Pemasaran dan Promosi

  • Pembuatan website dan media sosial: Rp 3.000.000
  • Biaya iklan online dan offline: Rp 2.000.000 per bulan

Total Perkiraan Modal Awal

  • Pembelian kelapa tua: Rp 2.500.000
  • Mesin dan peralatan: Rp 48.000.000
  • Bahan penunjang dan operasional (3 bulan): Rp 12.500.000
  • Tempat dan fasilitas: Rp 15.000.000
  • Pemasaran dan promosi (3 bulan): Rp 9.000.000

Total Modal Awal sembilan jenis bisnis kelapa yang berbeda-beda adalah: Rp 87.000.000

Catatan

  • Biaya operasional bulanan setelah modal awal akan meliputi bahan baku, listrik dan air, transportasi dan distribusi, gaji tenaga kerja, sewa tempat, dan pemasaran.
  • Angka-angka di atas adalah perkiraan kasar dan bisa bervariasi tergantung pada lokasi, harga bahan baku, serta skala usaha.
  • Anda bisa menyesuaikan rincian biaya sesuai dengan kebutuhan spesifik dan strategi bisnis Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Mesin Pengolah Kelapa Tua?

Era teknologi saat ini, ketepatan dan kecepatan dengan hasil memuaskan lebih diutamakan. Sudah waktunya beralih dengan teknologi yang terbarukan agar proses produksi dapat terus berkelanjutan, terutama apabila bisnis Anda berskala besar.  

Hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah kesiapan mental, keuletan, niat, dan ketekunan. Anda tidak perlu khawatir mengenai proses produksi karena  mesin pengolah kelapa semuanya ada di Asterra.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday